RUBRIK PENILAIAN WRITING, READING, LISTENING DAN SPEAKING


 KRITERIA PENILAIAN KETERAMPILAN BERBAHASA

RUBRIK PENILAIAN WRITING "MAKE A PARAGRAPH WELL"
No
kriteria
Deskripsi
5
4
3
2
1
1
Grammar
Kesalahan tata bahasa sangat minim
Kesalahan tata bahasa tidak mempengaruhi pemahaman makna
Kesalahan tata bahasa masih menyaebabkan kesulitan untuk dipahami bagi pembaca
Kesalahan tata bahasa banyak terjadi dan sulit dipahami
Kesalahan tata bahasa hamper mencakup seluruh texs dan sulit dipahami
2
Vocabulary
Penggunaan kosa kata sangat bagus dan tepat
Penggunaan kosa kata bagus dan tepat, tetapi masih ada kesalahan
Penggunaan diksi atau istilah belum tepat
Kurangnya kosakata dan kerap terjadi kesalahan
Keterbatasan kosa kata dan banyak kesalahan
3
Mechanics (penggunaan tanda baca)
Penggunaan tanda baca yang bagus
Kesalahan penggunaan tanda baca sangat minim
Kesalahan penggunaan tanda baca masih terjadi, tetapi tidak mempengaruhi makna
Kesalahan penggunaan tanda baca minim terjadi tetapi menimbulkan ketidak jelasan teks
Kesalaahan tanda baca sangat menonjol danmenimbulkan  ketidak jelasan  teks
4
Form (idea)
Gagasan teks sangat baik dan relevan
Gagasan sudah terorganisasikan dengan baik
Gagasan dan materi sudah terorganisasikan dengan baik, tetapi masih kerap menuntut pembaca untuk mengulangi teks yang ditulis
Gagasan tidak terorganisasikan dengan baik, tetapi masih mudah dipahami oleh pembaca
Gagasan tidak terorganisasikan dan sulit dipahami oleh pembaca

Maximum score = 20
READING "READ THE ARTCILE"
No
kriteria
Deskripsi
4
3
2
1
1
Fluency
Siswa mampu membaca dengan lancar dan tepat
Siswa mampu membaca lancar tetapi masih tersendat - sendat
Siswa tidak mampu membaca lancar tetapi masih benar pronoun nya
Siswa tidak bisa membaca lancar dan banyak terjadi kesalahan
2
Comprehension
Siswa mampu memahami artikel dengan baik
Siswa mampu memahami artikel walaupun sangat lamban
Siswa kurang memahami makna dari artikel
Siswa tidak bisa memahami artikel
3
Re-Explanation
Siswa mampu menjelaskan kembali dengan baik
Siswa mampu menjelaskan kembali walaupun masih lamban
Siswa kurang mampu menjelaskan kembali dan terkadang memicu kesalahan
Siswa tidak mampu menjelaskan kembali dari teks yang dia baca
4
Give an example
Siswa mampu memberikan contoh atau istilah – istilah sehari – hari dengan baik
Siswa mampu memberikan contoh tetapi masih lamban
Siswa bingung dalam memberikan contoh
Siswa tidak mampu memberikan contoh sama sekali

score maximum = 16
ISTENING "LISTEN THE STORY"
No
Kriteria
Deskripsi
4
3
2
1
1
Comprehension
Siswa mampu memahami cerita dengan baik
Siswa mampu memahami cerita tetapi masih kebingungan
Siswa mampu memahami tetapi banyak terjadi kesalahan
Siswa tidak mampu memahami cerita
2
Re-Explanation
Siswa mampu menjelaskan ulang dengan baik dari cerita tesebut
Siswa mampu menjelaskan kemabali walaupun masih kebingungan
Siswa mampu menjelaskan kemabli tetapi banyak terjaldi kesalahan
Siswa tidak mampu menjelaskan kembali cerita yang dia dengar
3
Fluency
Siswa mampu menjelaskan dengan lancar dari cerita tersebut
Siswa mampu menjelaskan tetapi tidak lancar dan tersendat – sendat
Siswa kurang mampu menjelaskan dengan lancar dan sering terjadi kesalahan pengucapan
Siswa tidak mambu menjelaskan dengan lancar dan sulit untuk di pahami oleh si pendengar
4
Make an example
Siswa mampu memberikan contoh dari cerita tersebut (memperagakan)
Siswa mampu memberikan contoh tetapi masih lamban
Siswa kurang mampu memberikan contoh dan masih terjadi kesalahan
Siswa tidak mampu memberikan contoh sama sekali

Score macimum = 16
SPEAKING "CONVERSATION WELL"
No
Kriteria
Deskripsi
4
3
2
1
1
Accent
Pelafalan mendekati Native Speaker
Pelafalan atau logat masih seperti bahasa ibu tetapi tidak mempengaruhi makna
Pelafalan atau logat masih  terdapat kesalahan, tetapi masih bisa dipahami
Pelapalan atau logat tidak jelas dan sulit dipahami
2
Grammar  
Penggunaan tata bahasa sangat baik dan minim terjadinya kesalahan
Kesalahan tata bahasa masih banyak terjadi tetapi masih bisa dipahami
Kesalahan Penggunaan tata bahasa terkadang menimbulkan kesulitan dan kesalahpahaman
Penggunaan tata bahasa yang tidak tepat dan sulit dipahami
3
Vocabulary
Peggunaan diksi/kosa kata yang tepat
Penggunaan kosa kata yang tepat tetapi masih ada kesalahan
Kesalahan Penggunaan kosa kata dan sering terjadi tetapi masih bisa dipahami
Kesalahan penggunaan kosa kata dan sering terulang – ulang
4
Fluency
Percakapan yang bagus dan lancar
Percakapan terkadang tidak lancar dan masih menggunakan istilah lain
Percakapan yang lamban tetapi masih bisa diatasi oleh patnernya
Percakapan yang tersendat – sendat sehingga sulit untuk berkomunikasi

Score maximum = 16
Total score of writing, reading, listening and speaking = 68
NILAI =
SKOR PEROLEHAN
X 100
SKOR MAX


No comments:

Post a Comment

Syekh Nawawi al-Bantani

Syekh Nawawi al – Bantani (Ulama Indonesia Yang   Menjadi Imam Besar Di Masjidil Haram) Imam Nawawi adalah ulama Banten yang tidak asi...