kuliah salah jurusan

Hayy sobat sobat oke.

Salah masuk jurusan,,,,,!!!! Jangan ribet.
Disini saya akan berbagi pengalaman tentang seputar kampus (perkuliahan) termasuk juga tentang jurusan yg sedang saya pilih. Kebetulan saya sendiri  jurusan PBI (pendidikan Bahasa Inggris), keren bukan.... wkwkwk
Mungkin terlihat keren, bisa ngomong bahasa asing Tetapi yg bikin saya kesel sobat adalah saya gk bisa B inggris. Sediiiiih... Kok ada ya, orang yg ngambil jurusan B inggris tapi gk bisa B inggris....?
Jawabannya banyak . Bukan cuma saya, teman-teman saya juga sama. Entah apa yg membuat mereka masuk jurusan B inggris. Tapi ini yg menjadi diri saya & teman-teman menjadi resah setiap hari. Dan ternyata saya dan teman – teman saya salah masuk jurusan, walaupun begitu kemampuan teman – teman saya lebih tinggi dibanding saya sendiri.
Saya sendiri masuk jurusan B inggris, karena kakak saya yg nge-daftarin dengan guru SMA saya. Awal mulanya saya berkeinginan daftar jurusan MTK di UNPAD. Tetapi karena saya waktu SMA nya jurusan IPS jadi gk ada tuh jurusan MTK di UNPAD. Saya memutuskan untuk mencari jurusan yg agak mendekati dengan MTK yaitu AKUNTANSI. Oleh sebab itu saya mendaftar jurusan akuntasi di UNPAD. Yang sangat disayangkan adalah saya gk lolos juga di jalur SNMPTN dan saya gk ikut jalur SBMPTN . Nah sedangkan untuk pilihan ke 2, saya daftar di UNTIRTA SERANG-BANTEN  Jurusan MTK. Alahmdulillah gk di terima juga. Sediiiih..
Yg menjadi penyebab utamanya saya gk diterima di UNTIRTA  adalah saya menjadikan kampus tsb, Sebagai pilihan ke 2 setelah UNPAD di SNMPTN. Sepengetahuan saya. Kalau mau diterima d UNTIRTA kalian harus memilih sebagai pilihan pertama, ketimbang kampus-kampus lain.
Oke lah gpp....
Back to home..
Ahirnya setelah itu saya di daftarkan kakak dan guru saya di IAIN SMH BANTEN (sekarang UIN SMH BANTEN) dan hanya boleh mengambil 2 jurusan jikalau diterima. Pilihan pertama yaitu jurusan B inggris, padahal saya gk punya kemampuan sama sekali cuma bisa huruf abjad B inggris.
Pilihan kedua yaitu jurusan AKUNTANSI. Diantara dua jurusan ini. Saya berharap ; saya masuk jurusan Akuntansi. Tetapi kampus berkata lain. Saya diterima dijurusan B inggris. Disini saya mulai gelisah, tiap detik, menit, jam, hari, minggu, bulan saya terus kepikiran. Apa jadinya ketika saya dikelas nanti, bisa – bisa  saya pingsan dikelas...
Mulai saat itulah, setelah menerima pemberitahuan diterima dijurusan PBI saya belajar sungguh-sungguh. Mengejar ketertinggalan saya yg selama ini saya cuma bisa huruf ABJAD b inggris. Sampai pada ahirnya saya lumayan banyak menghafal vocab-vocal. Ya walaupun gk sebanding dengan teman teman kuliah saya.
Lihat tips2 saya menghafal vocabularies......!!!!! di link ini 
Lanjut. kali ini saya akan membahas tentang  perkuliahan saya di SEMSETER 1.
seperti biasa minggu-minggu pertama adalah introduction (perkenalan). Pasti disemua kampus juga begini. (saya gk ngebahas OSPEK perkuliahan dulu. Karena nanti saya akan posting di lain topik) yang namanya minggu pertama itu perkenalan. setiap mahasiswa maju kedepan sesuai absensi untuk perkenalan dengan menggunakan B inggris. Yg pertama : Nama, Asal sekolah, Alamat,,, berhubung saya absensinya ke 6 (seinget saya waktu dulu) saya bisa nanya-nanya dulu ke temen sebelah, gimana carannya perkenalan pake B inggris.
Alhamdulillah... ahirnya saya bisa. Walaupun belepotan. Entah apa yg akan terjadi jikalau saya absensinya no 1. Pingsan di tempat kali... hehehe
Kebanyakan dosennya juga ngomong pake B inggris. Saya bengong aja. Mau nanya ke temen sebelah lagi, jadi malu. Dikira bodo banget. (Emang iya sih saya blm bisa B inggris). Yang padahal kalau temen-temen saya tau waktu saya SMA. Pasti bakal kaget.
BTW saya pas SMA pringakat ke 1 terus dan baru dua kali dapet pringkat ke 2.... Nanti saya akan ceritakan dilain topik deh.
Minggu kedua dan seterusnya hampir semua dosen pake B inggris. Walupun ada B indo juga. Makalahnya pun ada yg disuruh full English dan ada juga yg bebas. Saya sempat kursus B inggris bersama teman – teman saya ke dosen yang mengajar di kelas saya, banyak dari teman teman saya berhenti ditengah jalan, baru juga 2 bulanan udah berhenti dan padahal seharusnya 6 bulan. Saya memutuskan untuk tetap semangat kursus, itung – itung sebagai pelajaran tambahan sampai selesai dan lumayan menambah sedikit wawasan B inggris saya. Bukan hanya kursus, saya juga memperbanyak belajar B inggris di pondok pesantren (salfy) dengan cara menghafal vocabularies dan kebanyakan ketika dikelas saya meminta orang yang pinter untuk diajak diskusi tentang seputar B inggris ( banyak juga orang yang pinter itu sulit untuk diajak diskusinya). Singkat cerita, Ahirnya saya mampu menyeimbangi kemampuan teman – teman saya dan bahkan mungkin lebih tinggi dari pada mereka.
Pada intinya jika temanmu melangkah 1 kali, kamu harus melangkah 2 kali, untuk mengejar ketertinggalan kamu.
Itulah cerita sedih saya, dan sekarang B inggris menjadi bagian pelajaran favorit saya. Dan mudah – mudahan B inggris ini bisa membawa saya kuliah di luar negri nanti, terutama di ENGLAND.

Sekian........ 

No comments:

Post a Comment

Syekh Nawawi al-Bantani

Syekh Nawawi al – Bantani (Ulama Indonesia Yang   Menjadi Imam Besar Di Masjidil Haram) Imam Nawawi adalah ulama Banten yang tidak asi...