KRITERIA
PENILAIAN KETERAMPILAN BERBAHASA
RUBRIK PENILAIAN
WRITING "MAKE A PARAGRAPH WELL"
No
|
kriteria
|
Deskripsi
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Grammar
|
Kesalahan
tata bahasa sangat minim
|
Kesalahan
tata bahasa tidak mempengaruhi pemahaman makna
|
Kesalahan
tata bahasa masih menyaebabkan kesulitan untuk dipahami bagi pembaca
|
Kesalahan
tata bahasa banyak terjadi dan sulit dipahami
|
Kesalahan
tata bahasa hamper mencakup seluruh texs dan sulit dipahami
|
2
|
Vocabulary
|
Penggunaan
kosa kata sangat bagus dan tepat
|
Penggunaan
kosa kata bagus dan tepat, tetapi masih ada kesalahan
|
Penggunaan
diksi atau istilah belum tepat
|
Kurangnya
kosakata dan kerap terjadi kesalahan
|
Keterbatasan
kosa kata dan banyak kesalahan
|
3
|
Mechanics
(penggunaan tanda baca)
|
Penggunaan
tanda baca yang bagus
|
Kesalahan
penggunaan tanda baca sangat minim
|
Kesalahan
penggunaan tanda baca masih terjadi, tetapi tidak mempengaruhi makna
|
Kesalahan
penggunaan tanda baca minim terjadi tetapi menimbulkan ketidak jelasan teks
|
Kesalaahan
tanda baca sangat menonjol danmenimbulkan ketidak jelasan teks
|
4
|
Form
(idea)
|
Gagasan
teks sangat baik dan relevan
|
Gagasan
sudah terorganisasikan dengan baik
|
Gagasan
dan materi sudah terorganisasikan dengan baik, tetapi masih kerap menuntut
pembaca untuk mengulangi teks yang ditulis
|
Gagasan
tidak terorganisasikan dengan baik, tetapi masih mudah dipahami oleh pembaca
|
Gagasan
tidak terorganisasikan dan sulit dipahami oleh pembaca
|
Maximum score = 20
READING
"READ THE ARTCILE"
No
|
kriteria
|
Deskripsi
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Fluency
|
Siswa
mampu membaca dengan lancar dan tepat
|
Siswa
mampu membaca lancar tetapi masih tersendat - sendat
|
Siswa
tidak mampu membaca lancar tetapi masih benar pronoun nya
|
Siswa
tidak bisa membaca lancar dan banyak terjadi kesalahan
|
2
|
Comprehension
|
Siswa
mampu memahami artikel dengan baik
|
Siswa
mampu memahami artikel walaupun sangat lamban
|
Siswa
kurang memahami makna dari artikel
|
Siswa
tidak bisa memahami artikel
|
3
|
Re-Explanation
|
Siswa
mampu menjelaskan kembali dengan baik
|
Siswa
mampu menjelaskan kembali walaupun masih lamban
|
Siswa
kurang mampu menjelaskan kembali dan terkadang memicu kesalahan
|
Siswa
tidak mampu menjelaskan kembali dari teks yang dia baca
|
4
|
Give
an example
|
Siswa
mampu memberikan contoh atau istilah – istilah sehari – hari dengan baik
|
Siswa
mampu memberikan contoh tetapi masih lamban
|
Siswa
bingung dalam memberikan contoh
|
Siswa
tidak mampu memberikan contoh sama sekali
|
score maximum = 16
ISTENING
"LISTEN THE STORY"
No
|
Kriteria
|
Deskripsi
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Comprehension
|
Siswa
mampu memahami cerita dengan baik
|
Siswa
mampu memahami cerita tetapi masih kebingungan
|
Siswa
mampu memahami tetapi banyak terjadi kesalahan
|
Siswa
tidak mampu memahami cerita
|
2
|
Re-Explanation
|
Siswa
mampu menjelaskan ulang dengan baik dari cerita tesebut
|
Siswa
mampu menjelaskan kemabali walaupun masih kebingungan
|
Siswa
mampu menjelaskan kemabli tetapi banyak terjaldi kesalahan
|
Siswa
tidak mampu menjelaskan kembali cerita yang dia dengar
|
3
|
Fluency
|
Siswa
mampu menjelaskan dengan lancar dari cerita tersebut
|
Siswa
mampu menjelaskan tetapi tidak lancar dan tersendat – sendat
|
Siswa
kurang mampu menjelaskan dengan lancar dan sering terjadi kesalahan
pengucapan
|
Siswa
tidak mambu menjelaskan dengan lancar dan sulit untuk di pahami oleh si
pendengar
|
4
|
Make
an example
|
Siswa
mampu memberikan contoh dari cerita tersebut (memperagakan)
|
Siswa
mampu memberikan contoh tetapi masih lamban
|
Siswa
kurang mampu memberikan contoh dan masih terjadi kesalahan
|
Siswa
tidak mampu memberikan contoh sama sekali
|
Score macimum = 16
SPEAKING
"CONVERSATION WELL"
No
|
Kriteria
|
Deskripsi
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Accent
|
Pelafalan
mendekati Native Speaker
|
Pelafalan
atau logat masih seperti bahasa ibu tetapi tidak mempengaruhi makna
|
Pelafalan
atau logat masih terdapat kesalahan,
tetapi masih bisa dipahami
|
Pelapalan
atau logat tidak jelas dan sulit dipahami
|
2
|
Grammar
|
Penggunaan
tata bahasa sangat baik dan minim terjadinya kesalahan
|
Kesalahan
tata bahasa masih banyak terjadi tetapi masih bisa dipahami
|
Kesalahan
Penggunaan tata bahasa terkadang menimbulkan kesulitan dan kesalahpahaman
|
Penggunaan
tata bahasa yang tidak tepat dan sulit dipahami
|
3
|
Vocabulary
|
Peggunaan
diksi/kosa kata yang tepat
|
Penggunaan
kosa kata yang tepat tetapi masih ada kesalahan
|
Kesalahan
Penggunaan kosa kata dan sering terjadi tetapi masih bisa dipahami
|
Kesalahan
penggunaan kosa kata dan sering terulang – ulang
|
4
|
Fluency
|
Percakapan
yang bagus dan lancar
|
Percakapan
terkadang tidak lancar dan masih menggunakan istilah lain
|
Percakapan
yang lamban tetapi masih bisa diatasi oleh
patnernya
|
Percakapan
yang tersendat – sendat sehingga sulit untuk berkomunikasi
|
Score maximum = 16
Total score of writing, reading, listening and speaking = 68
NILAI
=
|
SKOR
PEROLEHAN
|
X
100
|
SKOR
MAX
|
No comments:
Post a Comment